DESKRIPSI

Izin pembukaan Program Studi Magister Biologi FMIPA Universitas Mulawarman pada tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbudristek  nomor 803/E/0/2022 tanggal 3 November 2022. 

Melimpahnya sumber daya alam di Kalimantan Timur memerlukan sumber daya manusia untuk mengolahnya. Hal ini merupakan tantangan untuk Program Magister Biologi agar dapat menghasilkan master biologi yang mampu mengolah sumber daya alam tersebut dan memiliki kompetensi yang layak untuk diperhitungkan di bursa para kaum profesional. Kalimantan Timur memiliki banyak industri pertambangan, migas, kehutanan dan sejenisnya.  Industri-industri ini akan memerlukan tenaga kerja yang menguasai bidang biologi. Di  samping itu, Kalimantan Timur merupakan provinsi  yang menurut  Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) akan menjadi dasar pembangunan IKN. Terdapat tiga tujuan utama IKN, yakni simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Pembangunan IKN, selain  menjadi upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris, juga sekaligus untuk merealisasikan Visi Indonesia 2045. Dalam setiap prosesnya, pembangunan IKN akan melibatkan masyarakat sekitar Kalimantan Timur.

Sejalan dengan perkembangan iptek, serta permintaan pasar kerja pada tingkat nasional, regional maupun internasional, Program studi Magister Biologi senantiasa melakukan pengembangan untuk mengantisipasi lingkungan yang mengalami perubahan sangat cepat. Perubahan umum pada lingkup regional maupun internasional, yaitu perkembangan iptek yang begitu pesat dan terjadinya globalisasi dalam berbagai bidang. Kedepannya  pascasarjana  Biologi  dapat  menghasilkan Program Studi Magister Biologi diharapkan menghasilkan master biologi yang dapat bekerja di bidang manapun yang berhubungan dengan ilmu biologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pasar, baik skala lokal, nasional maupun internasional sebagai:

  1. Akademisi/staf pengajar/dosen di Universitas negeri maupun swasta
  2. Peneliti dan praktisi di bidang biologi dan yang terkait (lingkungan, kurator   hayati, biokimia, biomol, forensik, ekologi, mikrobiologi, kesehatan, makanan & obat, pertambangan dll) baik di instansi pemerintah dan swasta maupun di industri misalnya bidang quality control/assurance, proses dan manajemen produksi, research and development, technical representative, dll)
  3. Wirausaha

Serta dapat mengikuti perkembangan IPTEK dan meningkatkan pengetahuan dengan belajar sepanjang hayat. 

Pendidikan Program Studi S2 Biologi ditempuh selama 4 semester dengan minimal SKS (Sistem  Kredit Semester) 36 SKS.

Menerima mahasiswa  dari  bidang ilmu-ilmu kehayatan  seperti: Biologi, Pertanian, Peternakan,  Perikanan, Kehutanan,  Kedokteran, Farmasi, Pendidikan Biologi, Kedokteran Hewan,  Kimia, dll.

about